Menulis artikel di blog

Saya akan mencoba memaparkan bagaimana menulis artikel di blog dari sudut pandang saya.  Saya tidak ingin mengatakan bahwa cara saya menulis artikel sudah baik (hei…saya pun masih belajar).  Saya memang sudah sering menulis, tapi bukan untuk menulis di blog.  Tentunya ada perbedaan antara menulis artikel biasa dengan menulis artikel untuk bahan blog.  Jadi buat para penulis artikel blog, jika ada yang berbeda atau aneh, gak pa-pa yah… kan maksudnya juga menulis artikel dari sudut pandang saya.
Jika dalam menulis artikel untuk majalah misalnya, kita cukup memperhatikan kosakata, tatacara penulisan, serta ejaan, selanjutnya biarkan ide itu mengalir.

Menulis artikel di blog memiliki perbedaan tersendiri.  Selain harus memperhatikan kosakata, tatacara penulisan dan ejaan, kita pun harus  memperhatikan keyword yang kita bidik dari penulisan artikel itu.  Selain itu, artikel yang kita buat pun harus kita usahakan ramah search engine, ini tentunya berkaitan dengan search engine optimization (SEO).  Ini bukan keharusan… bagi orang yang hanya ingin menulis tanpa harus memikirkan apakah tulisannya ramah search engine atau tidak, hal itu tentunya bukan masalah.  Seperti saya… saya memang tidak terlalu peduli apakah artikel saya ramah search engine atau tidak…yang penting saya menulis…itu saja.  Dari sisi SEO tentunya itu tidak menguntungkan.  Tapi…hei…dengan cara seperti itupun beberapa artikel saya sudah berada dalam posisi no. 1 pencarian Google untuk beberapa keyword.
Nah…berdasarkan hasil penjelajahan saya pada beberapa blog….dan pengamatan saya pada beberapa blog lain, saya melihat ada beberapa pendapat mengenai menulis artikel di blog ini.
Yang pertama, ada yang berpendapat, agar artikelnya ramah search engine, beberapa kata yang merupakan keyword, harus ditulis dengan cara berbeda, misalkan dengan huruf bold, italic, atau warna font yang berbeda.  Ini tidak sulit…dan masih wajar digunakan.  Kalau kita menulis artikel biasa pun, untuk penekanan, kita kadang menggunakan huruf bold atau italic.  Tapi menggunakan warna font yang berbeda?  Tunggu dulu…menurut saya disitu baru timbul masalah.  Kalau saya membaca artikel dengan banyak variasi warna huruf yang berbeda, apalagi kalau dari awal hingga akhir artikel banyak kata untuk keyword yang dibidik ditulis dengan warna yang berbeda, malah membuat saya pusing, sakit mata dan akhirnya malas membacanya. Mungkin maksudnya agar keyword yang dibidik dapat dengan mudah ditemukan oleh search engine.  Tapi…pertanyaannya … apa memang benar perbedaan warna huruf mempengaruhi proses pencarian search engine?  Yang jelas… menurut saya dengan banyaknya variasi warna malah membuat tampilan artikel menjadi tidak indah.. kesannya semrawut … dan malah membuat malas membacanya.  Lebih baik gunakan warna yang standar sajalah… gak usah warna-warni kayak pelangi…
Lebih lengkapnya bisa Anda baca artikel ini.

Belum ada Komentar untuk "Menulis artikel di blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel